Syarat Kualitas Air Berdasarkan Permenkes dan BPOM

Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan No. 492/MENKES/PER/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, disebutkan bahwa air Minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum.

Persyaratan kualitas air minum meliputi persyaratan bakteriologis, kimiawi, dan fisik. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung logam berat dan bakteri patogen seperti E. Coli, dengan uraian sebagai berikut :

  1. Tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna
    Artinya jika air yang akan anda gunakan memiliki bau, rasa atau warna, berarti air tersebut telah tercemar.
  2. Tidak mengandung logam berat
    Ion logam berat dapat mendenaturasi protein, disamping itu logam berat dapat bereaksi dengan gugus fungsi lainnya dalam biomolekul. Karena sebagian akan tertimbun di berbagai organ terutama saluran cerna, hati dan ginjal, maka organ-organ inilah yang terutama dirusak
  3. Tidak mengandung bakteri patogen
    Bakteri patogen yang tercantum dalam Kepmenkes yaitu Escherichia colli, Clostridium perfringens, Salmonella. Bakteri patogen tersebut dapat membentuk toksin (racun) setelah periode laten yang singkat yaitu beberapa jam, dapat menyebabkan muntaber.

Air mineral Utra telah memenuhi syarat SNI 01-3553-2006, terbukti air minum Utra telah mendapatkan ijin edar dari BPOM RI dan memenuhi standard SNI.

Kemasan

Untuk menjamin terjaganya kualitas air dari produk UTRA, kami menggunakan kemasan berbahan Poly Propilen (PP), Poly Etilen Terephtalat (PET)  dan Poly Carbonat yang memenuhi  standard food grade SNI sehingga produk UTRA aman dikonsumsi keluarga anda

Laboratorium Kami

Untuk menjaga mutu produk AMDK, kami mempunyai laboratorim pengawas mutu dengan analis yang berkompeten di bidangnya dan dilengkapi berbagai kelengkapan pendukung menganalisa parameter uji mikrobiologi yang lengkap.

Kualitas air baku dan produk selalu dipantau oleh laboratorium kami secara harian, bahkan pengawasan kualitas dilakukan oleh LSPro BBTPPI secara berkala.

Perawatan Berkala

Perawatan secara regular atau teratur pada sarana-sarana produksi seperti perpipaan, tangki-tangki pengolahan air, filter dan mesin produksi disesuaikan dengan standar SNI. Terlihat bahwa manajemen mutu diterapkan di setiap tahapan proses produksi, agar produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan sesuai standar sehingga dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dengan aman. 

Pengolahan

Produk Utra Diolah dengan proses yang higienis melalui 7 proses penyaringan  dengan filter 0.2 mikron dan di akhiri dengan proses ozonisasi dan UV untuk menjamin produk kami terbebas dari mikroba dan spora lumut yang merugikan tanpa menghilangkan berbagai macam mineral yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Kualitas Air

Berbeda dengan mata air di dataran rendah yang kebanyakan sudah mulai terkontaminasi resapan polutan yang berasal dari perkotaan, baik berasal dari industri ataupun perumahan. Sumber air UTRA berasal dari sebuah mata air di kaki Gunung Lawu, sebuah gunung vulkanik yang terdapat di Kabupaten Karanganyar, karena ketinggian dan letaknya  tersembunyi diantara perbukitan yang jauh dari pencemaran limbah sehingga terjaga kemurnianya dan menjadi salah satu keunggulan produk kami.

Dari penelitian para ahli hidrogeologi menemukan fakta bahwa mata air pegunungan vulkanik memenuhi ketiga syarat karakteristik sumber air tanah, yaitu kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

Kuantitas dipengaruhi oleh curah hujan, siklus air dan kondisi hidrogeologis area di sekitar sumber daya air tersebut. Kualitas dipengaruhi oleh faktor alam ( kondisi serta komposisi tanah dan batuan), maupun aktifitas manusia ( pertanian, pencemaran rumah tangga, industri dan lain sebagainya). Sedangkan kontinuitas memberi keseimbangan antara pemakaian dan pengisian ulang.